Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Judul lagu : Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

lihat juga


Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tanaman Daun Sirih
Tanaman sirih adalah tanaman yang berasal dari Indonesia yang pertumbuhannya bersandar atau merambat pada pohon lainnya. Daun sirih sering dijadikan sebagai tanaman obat tradisional bagi penduduk Indonesia. Jika di kepulauan Riau, makan sirih masih dijadikan sebagai ciri khas budaya dalam upacara penyambutan tamu serta menjadikan sirih sebagai tanaman obat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit.
Yang perlu diketahui, ada tiga jenis sirih, yaitu daun sirih hitam, daun sirih merah dan daun sirih hijau. Dari tiga jenis tersebut, biasanya sering digunakan sebagai obat herbal. Untuk tanaman sirih sendiri pun sangat mudah ditemukan, terutama di daerah pedesaan. Banyak masyarakat yang menjadikan tanaman sirih sebagai obat tradisional dan ada juga yang hanya menjadikan tanaman sirih sebagai tanaman hias. Ada beberapa kandungan yang terdapat pada daun sirih, diantaranya zat samak, kavikol, gula, pati dan masih banyak lagi. Kami akan membahas beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

1. Daun sirih dapat mengatasi penyakit kulit
Apabila Anda memiliki masalah kulit, tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasinya dengan ramuan daun sirih, dengan cara tumbuklah beberapa daun sirih yang berwarna hijau, kemudian oles pada kulit Anda yang bermasalah. Untuk menapatkan hasil yang maksimal, bisa Anda lakukan secara rutin.

2. Daun sirih dapat mengatasi sariawan dan sakit gusi
Ambil satu atau dua lembar daun sirih yang berwarna merah, kunyah daun sirih tersebut sekitar 10 menitan. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

3. Daun sirih dapat mengatasi alergi
Jika Anda memiliki masalah alergi yang menimbulkan gatal-gatal, maka sebaiknya Anda membuat ramuan dengan menggunakan daun sirih, dengan cara ambil 5 lembar daun sirih dan satu setengah sendok makan minyak kayu putih dan sepotong jahe. Kemudian tumbuk semua bahan tersebut dan jangan lupa mencampurkan minyak kayu putih pada ramuan tersebut. Selanjutnya, oleskan  ramuan tersebut pada area yang terserang gatal-gatal.

4. Daun sirih sebagai obat mimisan
Sebagian orang sering menggunakan daun sirih sebagai obat untuk mengatasi mimisan. Caranya bisa dilakukan dengan cara menggulung lembaran daun sirih yang sudah layu, kemudian masukkan gulungan daun sirih tersebut pada lubang hidung yang mimisan, fungsinya untuk menyumbat pendarahan.

5. Daun sirih dapat mengatasi sakit maag
Jika Anda penderita maag, Anda bisa mennyiapkan tujuh lembar daun sirih yang berwarna merah, lalu rebus daun tersebut. Kemudian, minum secara rutin, setidaknya 3 kali sehari.

6. Daun sirih dapat mengatasi gigi berlubang
Gigi sakit akibat gigi berlubang memang sangat menyebalkan. Oleh karna itu, Anda bisa membuat ramuan daun sirih untuk mengatasi gigi berlubang tersebut, dengan cara ambil satu lembar daun sirih, kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. Pakai air rebusan tersebut untuk berkumur.  Anda bisa melakukan cara tersebut secara berulang-ulang.

7. Daun sirih dapat menghilangkan keringat yang berlebih
Sudah sewajarnya manusia pasti memiliki keringat, namun jika keringat Anda terlalu berlebihan, maka sebaiknya Anda bisa mencoba ramuan ini, caranya ambil dua lembar daun sirih, kemudian tumbuk daun tersebut dan oleskan pada ketiak secara rutin. Selain itu, Anda juga dapat meminum secara rutin air rebusan daun sirih sebanyak dua gelas sehari. Terdapat kandungan estragol dan kavicol pada daun sirih, senyawa tersebut berperan dalam mengendalikan produksi kelenjar keringat.

8. Daun sirih dapat menghilangkan bau badan
Apabila Anda mempunyai masalah bau badan, pasti Anda memiliki sifat tidak percaya diri untuk bersosialisasi dengan orang lain dan untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa melakukan cara ini, ambil sekitar sepuluh atau lima belas lembar daun sirih, kemudian rebus daun tersebut dan masukkan satu sendok teh garam pada empat gelas air sampai tersisa dua gelas. Kemudian, minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

9. Daun sirih dpaat memperlancar haid (menstrurasi)
Bila haid Anda tidak lancar, Anda bisa mencoba ramuan ini, ambil tiga lembar daun sirih, lalu rebus  dan masukkan sepuluh gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa pada dua gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Selanjutnya, minum ramuan tersebut dua kali sehari.

10. Daun sirih dapat mengatasi luka bakar ringan
Ambil tiga atau lima lembar daun sirih yang berwarna merah dan campur dengan dua sendok the madu. Lalu, oleskan pada area yang luka. Lakukan dua kali sehari.

11. Daun sirih dapat mengatasi batuk-batuk
Ambil lima lembar daun sirih merah, kemudian rebus pada 350ml air. Lalu minum ramuan tersebut dua kali setiap hari secara rutin.

12. Daun sirih dapat mengatasi diare
Apabila Anda memiliki masalah diare, Anda bisa meracik ramuan dengan menggunakan daun sirih, caranya ambil empat atau enam lembar daun sirih, lalu campurkan satu sendok makan minyak kelapa dan enam biji lada. Gosokkan pada perut hingga mengering.

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan

1. Daun sirih dapat mengusir jerawat
Jika Anda mempunyai jerawat yang membandel, Anda bisa mencoba ramuan ini, dengan cara ambilah sekitar sepuluh lembar daun sirih, lalu rebus dengan menggunakan 250 ml air hingga berwarna coklat. Pakailah air rebusan tersebut untuk masker wajah setiap hari.

2. Daun sirih dapat mencegah datangnya jerawat
Lebih baik mencegah daripada mengobati ketika dihadapkan pada masalah jerawat. Untuk mencegahnya, Anda bisa menyiapkan sepuluh lembar daun sirih, lalu rebus pada 200 ml air. Kemudian, jika air rebusan sudah dingin, maka saringlah air tersebut dan pakailah sebagai pencuci muka. Lakukan secara rutin.

3. Daun sirih dapat memperhalus kulit
Jika Anda ingin mempunyai kulit halus, tidak ada salahnya mencoba ramuan daun sirih, caranya ambil tiga atau lima lembar daun sirih, kemudian tumbuk daun tersebut  dan campurkan dengan air panas. Pakailah untuk masker ketika masih hangat. Anda bisa melakukannya, minimal satu minggu sekali.

4. Daun sirih dapat mencegah penuaan dini
Jika Anda ingin memiliki wajah yang terlihat awet muda, maka Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai solusinya, dengan cara  ambil sekitar enam lembar daun sirih berwarna merah, lalu rebus daun tersebut. Kemudian, campur dengan seratus gram kacang hijau, empat puluh gram gingseng talinum dan sepuluh biji kurma pada empat gelas air sampai hanya tersisa dua gelas. Setelah itu, tambahkan dua sendok makan jeruk dan madu, aduk hingga merata. Langkah terakhir, minumlah air rebusan itu dua kali sehari dalam satu kali seminggu sebanyak satu gelas.

Siapa sangka tanaman yang mudah di budidayakan dan ditemukan ini, ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan maupun kecantikan. Maka dari itu, sangat rugi jika Anda tidak mencobanya.


Demikian, beberapa ulasan mengenai manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber referensi Anda dan dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih.   


Demikianlah Artikel Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sekian Kunci gitar Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan dan artikel ini url permalinknya adalah https://kesehatantubuhadalah.blogspot.com/2016/09/beberapa-manfaat-daun-sirih-untuk.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar